Follow by Email

Home » » ringkasan Konsep Dan Lingkup komunikasi (drs.vitalis)

ringkasan Konsep Dan Lingkup komunikasi (drs.vitalis)

Written By hmp BK trenggalek on Kamis, 03 November 2011 | 05.07


POKOK-POKOK DAN PROSPEK KOMUNIKASI SERTA APLIKASINYA
DALAM BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING


A. Konsep Dan Lingkup komunikasi
1.Konsep Komunikasi
                Komunikasi telah menjadi masalah bagi semua orang,termasuk dalam bidang layanan bimbingan dan konseling di sekolah.ini smua di sebabkan karena semakinberkembang  pesatnya media informasi  dan semakin kompleksnya berbagai macam hubungan.
                Komunikasi merupakan kebutuhan yang mutlak bagi bagi kehidupan manusia (“Natur give us two ears and only one muth,so that we could listen twice as much as we speak”) .Melalui komunikasi,orang dapat merencanakan masa depan,membentuk kelompok,dan lain lain.Dengan komunikasi kita dapat menyampaikan informasi,opini,ide,dll.
2.Lingkungan Komunikasi
                Dengan berkembangnya komunikasi maka dengan sendirinya lingkup komunikasi mengalami perubahan yang mendasar.Banyak ahli komunikasi yang menguraikan lingkup komunikasi sebagai berikut:
a.       Komunikasi bentuk Spesial
                                 
Komunikasi bentuk spesial ini di bedakan menjadi:

1.Komunikasi Personal,meliputi:
(a)    Komunikasi antar pribadi,
Ex:Pertemuan antara seorang konselor dan konseli dalam proses konseling.
(b)   Komunikasi dengan Dirinya Sendiri
         Ex:Seorang yang sedang meditasi,merenung.dll
(c)    Komunikasi dengan isyarat
         Ex:Body language(bahasa tubuh) tujuannya adalah merespon konseli dengan memanfaatkan dalam rangka menggali informasi/data yang di gunakan untuk terapi.
(d)   Komunikasi kerohanian
         Ex:Doa,meditasi,dll
(e)   Komunikasi kelompok
         Ex:Briefing,ceramah,dll
(f)    Komunikasi massa
         Ex:Jurnalistik,pameran,propaganda,dll
2.Komunikasi Media,meliputi:
(a)    Media umum(surat,telephone,telegrap,dll)
3.Komunikasi Efek
                Komunikasi efek dapat meliputi (personal opinion,publick opinion,
majority opinion,dan general opinion.)
B.Pengertian Komunikasi
Komunikasi  dalam Kamus Besar Besar Bahasa indonesia
mempunyaiarti:perhubungan,hubungan dengan orang banyak(Depdiknas,(2005:585):
                Ensiklopedia umum (1986) menyatakan bahwa
 komunikasi adalah perhubungan,yaitu pengiriman dan penerimaan berita antara dua orang
atau lebih.
Ada beberapa pengertian komunikasi yang di definisikan oleh beberapa pakar antara lain oleh Lunandi,(1990:15).James A.F.Stoner,(dalam Vitalis,2003).John R.Schemerhon,cs(dalam Widjaya,2986:8).William F.Glueck(dalam Vitalis,1989).Charles H.Cooley(dalam Vitalis(1992:2).Carl I Houland (dalam AW.Widjaya:1996).Sir Geral Barry(dalam Vitalis,2003)William Albig(dalam Vitalis,2003).Wilbur Scharmm(dalam Vitalus,1989).Berdasarkan definisi dari pakar2 tersebut di atas maka secara garis besar dapat di simpulkan bahwa komunikasi adalah:
(a)   Penyampaian informasi dari seseorang Kepada orang lain
(b)   Dalam proses komunikasi timbul perubahan perilaku atau perbuatan penyampaian pesan atau  pengoperan lambang lambang yang mengandung arti
(c)    Perbuatan tersebut berupa penyampaian pesan atau gagasan atau informasi dari komunikator kepada komunikan.
(d)    pemindahan atau penyampaian informasi dalam komunikasi mengenai pikiran,perasaan atau kehendak untuk mencapai persamaan.
C.Tujuan Komunikasi
Pada umumnya komunikasi dapat mempunyai beberapa tujuan antar lain sbb:
1         Membentuk pengertian tentang hal yang diinformasikan
2         Meningkatkan pemahaman diri orang yang di ajak berkomunikasi
3         Supaya gagasan, ide,informasi yang di komunikasikan dapat di terima
4         Menggerakkan orang lain melakukan sesuatu.
Singkat kata tujuan komunikasi adalah:timbulnya pengertian ,mengharapkan dukungan gagasan dan tindakan,perubahan tingkah laku.

D.Fungsi Komunikasi

Mengenai tukar meukar informasi,ide,gagasan,maka fungsi komunikasi adalah:
1.    Informasi :pemgumpilan,penyimapan,pemrosesan yang di butuhkan agar dapat di mengerti dan beraksi secara jelas terhadap kondisi lingkungan dan orang lain.sehingga dapat ,mengambil kesimpulan dengan cepat.
2.    Sosialisasi:Penyediaan sumber ilmu pengetahuan  yang memungkinkan orang bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat.
3.    Motivasi  :Menjelaskan tujuan komunikasi dengan sejelas jelasnya,mendorong orang menentukan pilihan dan keinginannya.
4.    Diskusi     :Menyediakan data dan saling tukar informasi/data yang di perlukan untuk kemupakatan atau menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalah masalah yang di hadapi oleh kelompok maupun individu.
5.    Pendidikan:Pengalihan ilmu pengetahuan sehingga mendorong perkembangan kognitif.
6.    Memajukan kebudayaan: Menyebarkan hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan warisan masalalu.
7.    Hiburan : Penyebar luasan sinyal,simbol,tanda,kesusasteraan,kesenian,dan olah raga atau rekreasi.
8.    Integrasi : Menyatukan bangsa melalui berbagai pesan,informasi,menghargai pandangan orang lain.


E.Unsur-unsur Komunikasi
Komunikasi mempunyai beberapa unsur,yaitu:source(sumber),komunikator,message,channel,komunikan,dan efek(hasil).
1. source(sumber)
         Sumber  adalah dasar yang di gunakan di dalam penyampaian pesan,dan yang dapat di gunakan untuk memperkuat pesan itu sendiri.
2. Komunikator
         Komunikator dapat berupa individu yang menyampaikan pesan(message).
      Komunikator mempunyai beberapa gaya,antara lain:
a.)    Komuikator yang bersifat membangun
b.)    Komunikator yang bersifat mengendalikan
c.)     Komunikator yang bersifat melepaskan diri
d.)    Komunikator yang menarik diri
3. Pesan (message)
Pesan adalah keseluruhan dari apa yang di sampaika oleh komunikator
Dalam penyampaian pesan,harus mempunyai syarat syarat sbb:
(a)    Berisi hal hal yang bersifat umum  dan mudah d mengerti/di pahami
(b)   Pesan harus jelas
(c)    Pesan yang di sampaikan lebih bersifat positif
(d)   Seimbang  antara yang positif dan negatif
(e)   Menggunakan bahasa yang jelas
(f)     Di sesuaikan dengan keinginan dari penerima
4. saluran(Channel)
                Saluran adalah alat / sarana untuk menyampaikan pesan dari sang komunikator kepada komunikan.
         Dalam komunikasi di kenal dengan dua saluran,yaitu saluran formal(bersifat resmi) dan saluran non formal(tidak resmi)
5. komunikan
                Komunikan / penerima pesan dapat di golongkan menjadi 3 jenis,yaitu personal,kelompok,dan massa.
         Personal d tujukan untuk individu,kelompok di tujukan untuk kelompok tertentu,dan komunikasi massa d tujukan kepada orang banyak.
6. Hasil(effect)
                Effect adalah hasil akhir dari proses  komunikasi,yaitu sikap/perilaku yang sesuai atau tidak sesuai dengan harapan( kekinginan )

F. Tahapan Dan Prosedur Yang Perlu Diperhatikan Dalam Komunikasi
               
                Cutlip dan Centre(dalam A.Widjaya,1996) berpendapat bahwa komunikasi yang efektif harus di
laksanakan  melalui empat tahap,yaitu: fact finding,planning,communicating dan evaluation.Sedang
prosedur yang perl u di perhatikan agar efektif adalah:perhatian(attention),rasa
tertarik(interst,),keinginan(desire), dan tindfakan (action) .

G. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi  Komunikasi
1. Faktor yang dapt memperlancar proses komunikasi
                Bahasa,pendidikan,kebudayaan,ketrampiolan(skill),sikap(attitude),keadaan lahiriah,sistem sosial,alat,dan kepribadian.

2. Faktor  yang menghambat komunikasi
                Kebisingan,keadaan psikologis,kekurangan ketrampilan,bahsa.
Di samping itu masih perlu di perhatikan beberapa faktor,yaitu:keadaan agraeis,tingkat kebutaan huruf yang tinggi,kondisi sosial budaya yang tidak mendukung,dan keadaan politik serta ekonomi.


H. PROSES KOMUNIKASI
Pemikiran tentang komunikasi pada dasarnya meliputi:sender/komunikator(encoder);pesan(message)komunikator kepada komunikan,alat yang di gunakan,waktu atau jadwal pelaksanaan,sasaran,latar belakang pengetahuan dan pendidikan komunikator dan komunikan.


                                                                                                                          by:imam mubarok
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Trenggalek konseling - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger