POKOK-POKOK DAN PROSPEK KOMUNIKASI SERTA APLIKASINYA
DALAM BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Konsep Dan Lingkup komunikasi
1.Konsep Komunikasi
Komunikasi
telah menjadi masalah bagi semua orang,termasuk dalam bidang layanan bimbingan
dan konseling di sekolah.ini smua di sebabkan karena semakinberkembang pesatnya media informasi dan semakin kompleksnya berbagai macam
hubungan.
Komunikasi
merupakan kebutuhan yang mutlak bagi bagi kehidupan manusia (“Natur give us two ears and only one muth,so
that we could listen twice as much as we speak”) .Melalui komunikasi,orang
dapat merencanakan masa depan,membentuk kelompok,dan lain lain.Dengan
komunikasi kita dapat menyampaikan informasi,opini,ide,dll.
2.Lingkungan Komunikasi
Dengan berkembangnya komunikasi maka dengan
sendirinya lingkup komunikasi mengalami perubahan yang mendasar.Banyak ahli
komunikasi yang menguraikan lingkup komunikasi sebagai berikut:
a. Komunikasi bentuk Spesial
Komunikasi bentuk spesial ini di bedakan menjadi:
1.Komunikasi Personal,meliputi:
(a) Komunikasi antar pribadi,
Ex:Pertemuan antara seorang konselor dan konseli dalam proses konseling.
(b) Komunikasi dengan Dirinya Sendiri
Ex:Seorang
yang sedang meditasi,merenung.dll
(c) Komunikasi dengan isyarat
Ex:Body
language(bahasa tubuh) tujuannya adalah merespon konseli dengan memanfaatkan
dalam rangka menggali informasi/data yang di gunakan untuk terapi.
(d) Komunikasi kerohanian
Ex:Doa,meditasi,dll
(e) Komunikasi kelompok
Ex:Briefing,ceramah,dll
(f) Komunikasi massa
Ex:Jurnalistik,pameran,propaganda,dll
2.Komunikasi Media,meliputi:
(a) Media
umum(surat,telephone,telegrap,dll)
3.Komunikasi Efek
Komunikasi
efek dapat meliputi (personal opinion,publick opinion,
majority opinion,dan general opinion.)
B.Pengertian Komunikasi
Komunikasi dalam Kamus Besar Besar Bahasa indonesia
mempunyaiarti:perhubungan,hubungan dengan
orang banyak(Depdiknas,(2005:585):
Ensiklopedia umum (1986) menyatakan bahwa
komunikasi
adalah perhubungan,yaitu pengiriman dan penerimaan berita antara dua orang
atau lebih.
Ada beberapa pengertian komunikasi yang di definisikan
oleh beberapa pakar antara lain oleh Lunandi,(1990:15).James A.F.Stoner,(dalam
Vitalis,2003).John R.Schemerhon,cs(dalam Widjaya,2986:8).William F.Glueck(dalam
Vitalis,1989).Charles H.Cooley(dalam Vitalis(1992:2).Carl I Houland (dalam
AW.Widjaya:1996).Sir Geral Barry(dalam Vitalis,2003)William Albig(dalam
Vitalis,2003).Wilbur Scharmm(dalam Vitalus,1989).Berdasarkan definisi dari
pakar2 tersebut di atas maka secara garis besar dapat di simpulkan bahwa
komunikasi adalah:
(a) Penyampaian informasi dari seseorang Kepada
orang lain
(b) Dalam proses
komunikasi timbul perubahan perilaku atau perbuatan penyampaian pesan atau pengoperan lambang lambang yang mengandung
arti
(c) Perbuatan
tersebut berupa penyampaian pesan atau gagasan atau informasi dari komunikator
kepada komunikan.
(d) pemindahan atau
penyampaian informasi dalam komunikasi mengenai pikiran,perasaan atau kehendak
untuk mencapai persamaan.
C.Tujuan Komunikasi
Pada umumnya komunikasi dapat
mempunyai beberapa tujuan antar lain sbb:
1
Membentuk pengertian tentang hal yang
diinformasikan
2
Meningkatkan pemahaman diri orang yang di ajak
berkomunikasi
3
Supaya gagasan, ide,informasi yang di
komunikasikan dapat di terima
4
Menggerakkan orang lain melakukan sesuatu.
Singkat kata tujuan komunikasi adalah:timbulnya pengertian
,mengharapkan dukungan gagasan dan tindakan,perubahan tingkah laku.
D.Fungsi Komunikasi
Mengenai tukar meukar informasi,ide,gagasan,maka fungsi
komunikasi adalah:
1.
Informasi :pemgumpilan,penyimapan,pemrosesan
yang di butuhkan agar dapat di mengerti dan beraksi secara jelas terhadap
kondisi lingkungan dan orang lain.sehingga dapat ,mengambil kesimpulan dengan
cepat.
2.
Sosialisasi:Penyediaan sumber ilmu
pengetahuan yang memungkinkan orang
bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat.
3.
Motivasi
:Menjelaskan tujuan komunikasi dengan sejelas jelasnya,mendorong orang
menentukan pilihan dan keinginannya.
4.
Diskusi
:Menyediakan data dan saling tukar informasi/data yang di perlukan untuk
kemupakatan atau menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalah masalah yang
di hadapi oleh kelompok maupun individu.
5.
Pendidikan:Pengalihan ilmu pengetahuan sehingga
mendorong perkembangan kognitif.
6.
Memajukan kebudayaan: Menyebarkan hasil kebudayaan
dan seni dengan maksud melestarikan warisan masalalu.
7.
Hiburan : Penyebar luasan
sinyal,simbol,tanda,kesusasteraan,kesenian,dan olah raga atau rekreasi.
8.
Integrasi : Menyatukan bangsa melalui berbagai
pesan,informasi,menghargai pandangan orang lain.
E.Unsur-unsur Komunikasi
Komunikasi mempunyai beberapa
unsur,yaitu:source(sumber),komunikator,message,channel,komunikan,dan
efek(hasil).
1. source(sumber)
Sumber adalah dasar yang di gunakan di dalam
penyampaian pesan,dan yang dapat di gunakan untuk memperkuat pesan itu sendiri.
2. Komunikator
Komunikator
dapat berupa individu yang menyampaikan pesan(message).
Komunikator
mempunyai beberapa gaya,antara lain:
a.)
Komuikator yang bersifat membangun
b.)
Komunikator yang bersifat mengendalikan
c.)
Komunikator yang bersifat melepaskan diri
d.)
Komunikator yang menarik diri
3. Pesan (message)
Pesan adalah keseluruhan dari apa
yang di sampaika oleh komunikator
Dalam penyampaian pesan,harus
mempunyai syarat syarat sbb:
(a)
Berisi hal hal yang bersifat umum dan mudah d mengerti/di pahami
(b)
Pesan harus jelas
(c)
Pesan yang di sampaikan lebih bersifat positif
(d)
Seimbang
antara yang positif dan negatif
(e)
Menggunakan bahasa yang jelas
(f)
Di sesuaikan dengan keinginan dari penerima
4. saluran(Channel)
Saluran
adalah alat / sarana untuk menyampaikan pesan dari sang komunikator kepada
komunikan.
Dalam komunikasi di kenal dengan dua
saluran,yaitu saluran formal(bersifat resmi) dan saluran non formal(tidak
resmi)
5. komunikan
Komunikan
/ penerima pesan dapat di golongkan menjadi 3 jenis,yaitu personal,kelompok,dan
massa.
Personal d tujukan untuk
individu,kelompok di tujukan untuk kelompok tertentu,dan komunikasi massa d
tujukan kepada orang banyak.
6. Hasil(effect)
Effect adalah hasil akhir dari
proses komunikasi,yaitu sikap/perilaku yang
sesuai atau tidak sesuai dengan harapan( kekinginan )
F. Tahapan Dan Prosedur Yang Perlu Diperhatikan Dalam Komunikasi
Cutlip dan Centre(dalam
A.Widjaya,1996) berpendapat bahwa komunikasi yang efektif harus di
laksanakan melalui empat tahap,yaitu: fact finding,planning,communicating dan
evaluation.Sedang
prosedur yang
perl u di perhatikan agar efektif adalah:perhatian(attention),rasa
tertarik(interst,),keinginan(desire), dan tindfakan (action)
.
G. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Komunikasi
1. Faktor yang dapt memperlancar proses komunikasi
Bahasa,pendidikan,kebudayaan,ketrampiolan(skill),sikap(attitude),keadaan
lahiriah,sistem sosial,alat,dan kepribadian.
2. Faktor yang
menghambat komunikasi
Kebisingan,keadaan
psikologis,kekurangan ketrampilan,bahsa.
Di samping itu masih perlu di perhatikan beberapa
faktor,yaitu:keadaan agraeis,tingkat kebutaan huruf yang tinggi,kondisi sosial
budaya yang tidak mendukung,dan keadaan politik serta ekonomi.
H. PROSES KOMUNIKASI
Pemikiran tentang komunikasi
pada dasarnya meliputi:sender/komunikator(encoder);pesan(message)komunikator
kepada komunikan,alat yang di gunakan,waktu atau jadwal
pelaksanaan,sasaran,latar belakang pengetahuan dan pendidikan komunikator dan
komunikan.
by:imam mubarok
by:imam mubarok
0 komentar:
Posting Komentar